▗▝▖▖ Game Review #01! ▝▟▖▘

Pada post kali ini kita akan berlagak seperti Game Reviewer yang biasanya nongol di majalah GameStation dan memberikan pendapat kita terhadap beberapa game!

Game #01 – Snowman Defender

A horizontal shmup covered in snow

zettai mamorimasu

Snowman Defender adalah sebuah game yang dibuat untuk platform Android. Game ini dimainkan single-player dan termasuk genre Endless Defense. Ceritanya ada seorang anak yang berteman dengan seorang manusia salju. Ternyata, ada segerombolan makhluk bersalju yang hadir untuk mem-bully temannya tersebut, karena mereka iri dengan manusia salju itu yang dapat bermain dengan pembuatnya. Anak ini harus melindungi temannya dari makhluk salju supaya tidak hancur dengan bantuan power-up yang akan muncul dari makhluk-makhluk tersebut.

Untuk segi gameplay, terlihat bahwa game ini diinspirasi dari game Plants vs Zombies, tetapi kita bisa menggerakan penembak, tidak seperti PvZ yang kita hanya bisa menaruh penembak di satu kotak tanpa bisa menggerakannya, dan juga kita bisa menembak secara manual. Salah satu fitur yang juga mungkin diadopsi dari permainan PvZ ialah fitur Huge Wave dimana akan ada suara terompet yang menandakan segerombolan makhluk yang akan muncul dalam jumlah yang banyak.

Makhluk pada Snowman Defender ada tiga jenis, dan perbedaan mereka hanya ukurannya. Ukuran mereka menentukan berapa kali tembakan yang dibutuhkan untuk mengalahkan makhluk tersebut, mulai dari yang kecil, sedang, sampai besar. Setiap makhluk yang dikalahkan akan ada kesempatan untuk memunculkan power-up yang dapat membantu player. Efek powerup seperti efek CC dari permainan MOBA, contohnya efek slow dan stun. Ada efek yang memberikan kekuatan tambahan bagi player juga, seperti efek Rapid dimana anak tersebut akan melemparkan banyak bola salju sekaligus.

Gambar makhluk pada game ini masih menggunakan 2D, dan masih simple, namun background dan gamenya sendiri memberikan kesan tempat bersalju yang sesuai dengan aslinya.

Game ini sebelumnya sudah dirilis di Google AppStore pada tanggal 8 Mei 2016, sudah lengkap dengan fitur Google Play Achievements. Kelihatanya game ini sudah selesai dibuat, tapi masih terdapat bug seperti delay pada penekanan tombol dan penembakan bola salju.

Core – 7/10

Feature – 8/10

Graphics – 7/10

Gameplay – 8/10

Overall – 7.5/10

Game #02 – War of Creatures

A battle card game of different races and beliefs

War of Creatures adalah sebuah game kartu yang terinspirasi dari Yu-Gi-Oh! dan Catur, yang mengangkat tema keagamaan. Setiap clan pada game ini mempunyai dewa masing-masing, dan para pengikutnya saling bertarung karena sudut pandang mereka berbeda.

Setiap pemain akan memilih salah satu dari beberapa clan yang akan ada di game ini, beserta hero yang akan mereka mainkan. Sebelum memulai permainan, kartu Hero dan kartu pasukan akan dipisah. Pemain boleh memilih satu kartu Hero untuk digunakan, namun mereka harus memilih hero dengan pangkat terbawah terlebih dahulu. Semakin lama permainan, mereka bisa menaikkan pangkat hero menjadi lebih kuat. Setiap hero juga akan ada cara penyerangan, misalnya Melee, Range dan Wizard. Game ini cukup unik menurut mereka karena dengan cara penyerangan yang berbeda dan berbagai cara menyusun deck yang harus sesuai dengan Hero juga.

Permainan akan dilakukan di sebuah field yang ukurannya bisa dipilih, dan setiap pasukan yang ada di field ini akan bisa bergerak sesuai dengan lambang pion catur mereka (seperti kuda, bom, gajah).

Sistem permainan mirip dengan Yu-Gi-Oh!, namun terdapat beberapa phase baru seperti Mana Phase, dimana pemain membuang satu kartu dari tangan mereka untuk dikonversikan menjadi Mana, yang akan digunakan untuk summon. Sistem mana dan pergerakan pasukan pada permainan ini menjadikannya cukup mirip dengan game Duelyst, game kartu yang bisa didownload secara gratis di Steam.

Untuk sekarang, game ini masih dalam tahap balancing (setelah 60 kali!) dan para pembuat game secara sengaja memberikan artwork kosong di kartu mereka karena mereka mengapresiasi artwork yang akan diajukan oleh orang lain.

Core – 8/10

Feature – 7/10

Graphics – Belum bisa dinilai

Gameplay – 7/10

Overall – 7.2 /10

Game #03 – Necrolands

A top-down Survival Shooter featuring Indonesia!

shoot em all

Necrolands adalah sebuah game khusus platform Android dimana seorang player akan mengendalikan seorang karakter yang berkeliling di sebuah hutan untuk berburu setan. Ceritanya ada beberapa korban genosida yang arwah-arwahnya masih hidup, dan seseorang menjadi pemburuh hantu tersebut. Uniknya, game ini mengangkat tema Indonesia, jadi beberapa item yang digunakan dan setan-setan semuanya terinspirasi dari budaya Jakarta seperti Clurit, Keris, Gondorowo, bahkan ada Tuyul!

Setiap karakter yang dapat dimainkan pada permainan ini mempunyai senjata dan atribut beda. Ada yang memegang senjata yang kuat dan lincah tetapi pertahanannya sangat lemah. Setiap karakter pun mempunyai skill yang berbeda.

Pemain juga dapat memilih mode permainan seperti Boss Hunt, Mega Boss Hunt, Tukul Hunt, dan lain-lain. Kebanyakan mode permainan itu berdasarkan jenis-jenis setan yang dapat ditemukan di game ini.

Semua model karakter dan setan berbasis 3D, dan ternyata cukup lama waktu yang digunakan untuk membuat model dari setiap karakter. Untuk sekarang development game sudah mencapai bulan ke lima, dan masih terdapat bug seperti AI pathing yang diantara belum di implementasikan atau terdapat bug.

Game ini selain memiliki item yang dapat meningkatkan kekuatan karakter, terdapat juga Item Shop dimana pemain dapat membeli item baru yang dapat memberikan kekuatan lebih. Bonus yang diberikan setiap item akan bertambah secara eksponensial, sehingga jika membeli lebih dari satu item sejenis, bonus yang akan diterima akan bertambah drastis. Menurutku sistem ini masih terlalu imba karena pemain dengan cepat bisa mencapai stat yang berlebihan hanya dengan membeli benda itu saja.

Core – 9/10

Feature – 6/10

Graphics – 7/10

Gameplay – 8/10

Overall – 7.5 /10

Post a Comment

Your email is never shared. Required fields are marked *

*
*