▖▜▛▞ Academic Orientation ▚▖▗▗

Ceritanya kita setelah liburan sekian lama, akhirnya back to college dan bertemu dengan rekan-rekan dari jurusan GAT!

 

6 September 2016

Welcome back to BINUS Anggrek!

Auditorium Large Class – Introduction to Algorithm

Kembali lagi di… Audit! Pada sesi ini kita dikperkenalkan dengan inti dari programming, yaitu Algoritma. Algoritma apaan? Algo itu yang biasanya ditemukan di jalanan…

Nah pas itu ternyata batere lecturernya abis, jadi minjem laptop. Daripada nunggu-nunggu, gw langsung aja nawarin pinjem laptop. Tapi ternyata portnya ngga sesuai. Dasar ROG

Pada sesi ini kita ditampilkan beberapa video sepert “Mengapa kita harus belajar coding” dan “Introduction to Algorithm”. Menurut lecturer kita, sebuah program dimulai dengan pseudocode yang sebenarnya mirip dengan code tetapi ditulis dengan bahasa manusia. Pseudocode berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan programming. Sama seperti algoritma yang berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah di kehidupan nyata.

Kita juga diperkenalkan sebuah game simple dengan balok-balok yang berbeda ukuran yang bernama “Tower of Hanoi”. Ke Vietnam aja ngga pernah. Apalagi Hanoi coba. Emang gedung Hanoi bentuknya beneran kayak balok-balok?

Pada permainan ini, kita mendapat tantangan untuk memindahkan sejumlah balok berbeda ukuran dari satu sisi ke sisi ujung, dengan sisi tengah yang menjadi moderator. Dulunya saya sebenarnya pernah memainkan permainan ini, dan saya berhasil memecahkan tantangan ini dengan jumlah gerakan yang paling sedikit.

Room 526 – More Algorithm and Pseudocode

Sesi ini adalah small class yang diadakan di ruang 526 kampus Anggrek. Pada sesi ini kita diajarkan lebih tentang Algoritma yang tadinya dijelaskan di Audit. Kita juga diajarkan mengenai bahasa pseudocode dan kata-kata kuncinya saat kita akan menulis pseudocode.

Selain itu, kita juga akan diajarkan tentang flow chart, yang akan berguna pada saat membuat sebuah algoritma. Dulunya saya pernah diajarkan tentang flowchart, dan menurut saya Flow Chart itu adalah serangkaian figur-figur yang digambarkan untuk menyatakan alur sebuah proses yang berisikan langkah-langkah yang dapat dimengerti oleh manusia. Software yang akan digunakan adalah software Microsoft Office Visio, tetapi saya dulunya menggunakan ClickCharts karena Visio harus dibeli lewat situs microsoft. Kecuali udah nyomot file dari Dreamspark BINUS…

 

7 September 2016

Back to Syahdan! Eh ini salah kamar atau…

Room K3A fusion with K3B – Introduction to Game Application and Technology #01

Kok ini dua kamar jadinya? Saat saya melewati pintu K3B, saya awalnya kaget soalnya terasa sepi, gelap, kosong, dan rasanya kayak di rumah hantu. Saat saya menghadap kanan, ternyata saya melihat bayangan para mahasiswa GAT. Ternyata gabung kelasnya.

Pada sesi ini, ko YP (yg lagi baca blog ini kayaknya, kalau bukan ya mohon maklumi) memulai dengan perkenalan sekali lagi. Kebetulan saya menggunakan baju merah, jadi saya maju kedepan. Pastinya aku ditanyakan nama, status, dan pastinya alasan masuk GAT. Nah, karena kelihatannya bosen begitu mendengar alasan yang sama, ko YP tidak terima jika seseorang mengulang alasan masuk GAT yang sudah disebut seseorang. Maka saya bersedia mencuri alasan “Saya ingin buat game” karena saya juga bosen denger orang masuk GAT dengan alasan itu aja.

Setelah perkenalan, kita langsung dihadapkan dengan berbagai pertanyaan.

Soal 1 – Jika nama anda berawal dari huruf vokal, gambarkan karakter humanoid. Jika bukan, gambar yang bukan humanoid.

Humanoid itu apa? Muncul pertanyaan itu dari teman-teman sekitar saya. Menurut saya, humanoid itu seperti karakter yang mempunyai ciri-ciri khas manusia, dan bersifat seperti manusia. Karena saya mendapatkan tugas untuk menggambar karakter yang non-humanoid, saya mencari inspirasi dimana saja. Pastinya kalau bongkar otak aja kurang cukup. Jadinya aku kepikiran membuat karakter seperti Mimic. Inspirasinya dari game Android yang saat itu saya cukup ketagihan, namanya Redungeon. Ada treasure chest yang jika disentuh akan mengeluarkan tengkorak yang akan mengejar Player Character sampai mampus.

Soal 2 – Tolong gambarkan sebuah mouse.

Mouse? Saya memilih untuk menggambarkan mouse untuk klik-klik. Dengan ekornya (kabel) dan telinganya (ditambah sendiri) karena ingin berbeda dengan yang lain.

Soal 3 sampai 9 – Lupa, poi

Soal 10 – Membuat story sebuah game yang akan menjadi game buatan kamu yang akan diingat seumur hidup. Bukan Undertale.

Saya langsung mengambil handphone saya dan menjiplak cerita yang saya ketik di software. Cerita itu original dari imajinasi saya, dan saya mengembangkan cerita itu sejak tahun lalu. Kalau mau tau ceritanya minta ko YP saja.

Cerita tersebut saya tulis sebagai trilogy sebuah game yang saya akan buat saat saya mendapatkan sebuah tim pembuat game yang akan saling mendukung untuk pembuatan game ini.

Setelah menyelesaikan kegiatan tersebut, kita langsung kedatangan komunitas seperti Jollybee (yang katanya hardcore programmer) dan Eureka (yang hardcore game maker) dan juga kedatangan BC (Ko Theo) yang katanya dia datang cuman buat iseng saja.

Usai presentasi mereka, kita langsung keluar dari ruang dan saya (yang harusnya pergi ke L2A) pergi ke ruang lab komputer untuk mengambil formulir pendaftaran Eureka. Setelah itu saya menuju ke shuttle dan OTW BINUS Anggrek.

Yang harusnya saya tidak lakukan.

Teman saya mengingatkan saya kembali bahwa saya harusnya pergi ke ruang L2A karena masih ada sesi lagi di Syahdan. Saya langsung mesen GoJek dan sesampainya di Syahdan, sesi sudah setengah jalan. Tentunya dosen kali ini yang mengajar kami pada saat itu amat sangat mentaati aturan, maka itu saya harus menerima 1 kali absen AO.

Room L2A – Support Center for Your Success

Sesi ini ceritanya menjelaskan tentang beberapa service yang bisa menunjang perkuliahan di BINUS seperti AOC dan lain-lain. Selebihnya tidak bisa dijelaskan karena kejadian yang diketik huruf perhuruf diatas ini…

 

8 September 2016

 

Room 523 – Introduction to Game Application and Technology #02

Pada sesi ini kita akan dijelaskan berbagai role di dalam industri game seperti Game Programmer, Designer, dan lain-lain. Mungkin dosen berkata bahwa kita mendingan mengambil salah satu role untuk difokuskan, tetapi saya berniat untuk mengecit sedikit di game MMO kali ini dan mengambil double class (kayak di Aura Kingdom gitu tapi ngga dikuras uang aslinya buat pay2win), karena saya niatnya ingin menjadi Game Designer dan Programmer. Fokusnya ke design karena untuk programming saya mungkin agak ribet algoritmanya.

Setelah penjelasan tentang berbagai role di industri game, kami juga diperjelas lebih tentang perjalanan sebuah game dari game developer menuju publisher… lalu ke berbagai console seperti Nintendo, Playstation, XBOX, dan console lainnya.

10 September 2016

HA TE TE PE

Untuk sesi ini kita harusnya sesi GSLC (Go Sleep Leave Campus) yang artinya belajar di luar kampus (Guided Self Learning Center) tapi untuk yang berpartisipasi di event HTTP (seperti saya yang akhirnya beli tiket di EXPO batch CBN) kita menuju ke gedung BPPT di Thamrin.

HTTP – HIMTI Togetherness and Top Performance

Yang dalam pengertian Top Performance artinya mobil-mobil lincah yang keluar setiap tahun… di showcase mobil. GAJE

Akibat mengikuti bus Shift 2 yang paling terakhir, saya melewati film Rush Hour versi kelinci, dan saya duduk di kursi paling belakang bersama dengan anak-anak Teknik Informatika. Kayak anak nyasar.

Dimulai dengan perkenalan para dosen-dosen yang akan mengajar kami di SoCS (WE LOVE KO YP) dan pidato para aktivis HIMTI, lalu kita ditampilkan performance band, tarian, drama HIMTI yang menceritakan perjalanan menjadi aktivis HIMTI (PAK JI JAI)

Sayangnya acara ini malah mendapatkan rating buruk dari teman-teman saya, dan menurut saya juga acara ini juga kurang seru. Saya tertidur pas awal-awal drama HIMTI, dan kita cuman mendapatkan makanan untuk satu kali istirahat (kita ada dua sesi istirahat sebenarnya). Makanan di kantin cepat habis (karena sekian pengunjung, penjual pun kaya mendadak).

Setelah sekian lama, akhirnya menuju saat-saat capek karena kita semua berdiri dan mendengarkan performance dari Vibing High dengan seorang rapper <lirik eminem> yang lirik rapnya otodidak, keren! Setelah performance dari Vibing High, kita kedatangan DJ yang mengubah seluruh gedung menjadi tempat diskotik megah. Saya tidak suka dugem, tapi beat lagunya sangat catchy. Mungkin kalau ada mahasiswa BINUS yang membuat game yang dikhususkan untuk lagu dubstep saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu development game tersebut.

 

14 September 2016

Aslab encounter, writer blog akhirnya daftar aslab

Lab Room – Introduction to Game Application and Technology #0sekian

Pada sesi ini kami bertemu dengan Aslab di ruang lab yang akan mengajar kami lebih dalam tentang pseudocode, dan coding dengan bahasa C. Karena saya sudah cukup bisa bahasa C, saya memutuskan untuk menyalakan video tutorial di smartphone saya dan malah coding dengan C Sharp.

Setelah para Aslab selesai dengan tutorial mereka, kita langsung ditawarkan untuk ikut Aslab. Akhirnya setelah beberapa lama takut masuk Aslab karena desas-desus training dengan trainer galak, saya masuk Aslab karena saya biarkanlah saja.

Besok juga akan ada ulangan pertama di BINUS, maka itu kita harus siap print KMK, belajar coding dan siapkan mental untuk soal essay yang mungkin akan mengejutkan para peserta ujian.

 

15 September 2016

 

Room 727 – UNTUNG AKU OTAKU

Hari ujian tiba. Kita memulai ujian di ruang 727. Untuk tes hari ini, kita disalam hangat oleh lembaran kertas yang bertuliskan “Sebutkan pengertian dari game balancing,” dan semakin shok dengan pertanyaan “Sebutkan sejarah perkembangan game console dari masa dulu hingga sekarang,” saya hanya bisa tersenyum. Berkeringat. Gemetaran.

Beruntunglah saya masih mendapatkan pencerahan dari satu anime menceritakan tentang console-console game yang keluar sebelum abad 21. Setelah mengisi cukup banyak pengetahuan yang saya tau tentang game balancing dengan disertai contohnya, saya langsung mencoba mengingat kembali anime yang saya tonton itu. Ternyata bayangan saya malah berterbangan dengan bebas sampai kehabisan waktu menjelaskan tentang game yang memiliki 3D Art.

Untuk bagian programming, kebanyakan soal-soal yang saya dapat sudah saya pernah kerjakan saat saya latihan untuk OSP Komputer (dan masih kalah) dan semua soal selesai dikerjakan. <nailed it> Mungkin temanku yang juga jago programming juga bisa melakukan soalnya dengan baik, tapi mungkin yang memprogram ujian dia ada sedemikian masalah sehingga dia tidak mendapatkan poin penuh yang ia mau.

Room 422 – Academic Advisory with a party of 3 heroes! Satunya lagi absen

Untuk sesi terakhir AO kita ada kedatangan dosen-dosen khusus jurusan GAT. Party membernya ada Mr. Francisco Maruli Panggabean (Chiciomaru), Mr. Yogi Udjaja, dan Mr. Dodick Zulaimi Sudirman. Kita dibahas tentang beberapa dosen yang akan membimbing kami dalam perkuliahan di BINUS.

Sekian dari Academic Orientation, selanjutnya akan dilanjutkan dengan perjalanan kami di perkuliahan BINUS!!

 

Salam e-sport

Post a Comment

Your email is never shared. Required fields are marked *

*
*