▞▙▜▜ General Orientation ▝▞▚▝

General Orientation? Kayak balik ke MOS. Tapi ya, di perkuliahan.

 

1 Agustus 2016

Hari pertama anak-anak dari batch kedua masuk kelas di BINUS University. First impressions? Ramainya dua kali lipat dari kelas SMA

“Kayaknya harus lebih fokus lagi nih kalau mau belajar di kampus dgn benar.”

Briefing

Sesi paling pertama. Arti briefing itu, jika dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak ada, karena itu jelas-jelas bukan bahasa Indonesia.

Briefing itu jika diketik di Google Translate akan menghasilkan kata “pengarahan”, yang artinya dikutip dari KBBI “pemberian petunjuk atau pedoman untuk pelaksanaan suatu kegiatan“.

Nah, kita sebagai Buddy, ceritanya akan didampingi oleh BC (Buddy Coordinator) selama GO berlangsung. Untuk kelompok Buddy ini, kita terdiri atas anak-anak Game Application dan Cyber Security yang jumlanya,

BC juga bagi-bagi nama, ID Line, dan ID Steam. Kasihan BCnya tiba-tiba dapat notif friend invite dari orang-orang tanpa identitas pasti.

Pada perkenalan ini saya ditanyakan beberapa pertanyaan. Salah satunya yang masih nyangkut di kepala saya ialah “Alasan masuk GAT apa?”

Pas itu saya dengan gampangnya menjawab “karena saya ingin membuat game yang bikin semua orang bahagia” tetapi pada saat itu saya belum dapat menjelaskan dengan baik alasan saya.

Menurut saya, game bukan hanya sebuah permainan biasa atau alat untuk mencari duit saja, melainkan sebuah hal yang dapat menghibur orang sekitar. Alasan itulah saya ingin memasuki jurusan Game Application and Technology dan membuat game yang bisa menghibur orang sekitar.

cie mungkin janji palsu #eh

Selain perkenalan, BC juga menjelaskan tentang dampak lulus dari FEP, termasuk poin SAT, yaitu poin yang amat sangat berguna jika mau lulus dari BINUS University. Mendadak, teman-teman semua langsung berpikir untuk mencari cara mengumpulkan poin tersebut sebanyak-banyaknya. Lalu sejak itu muncul istilah baru namanya “SAT Hunter”.

Lalu berikutnya diadakan pemilihan komti wakomti. Saat-saat inilah aku mau numpang curhat sedikit aja.

Lima orang mewakilkan diri untuk menjadi komti. Lalu masing-masing menjelaskan kenapa mereka harus dipilih.

Saya memilih orang yang mengaku dia salah satu anggota OSIS pas SMA. Orang-orang seperti itu bisa saya percayakan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka.

Nah kebanyakan orang memilih cewe yang saya akui itu lumayan cakep, tapi untuk sementara saya tidak ada maksud apapun untuk memikat hati para cewe saat saya kuliah. Teman saya pernah berkata “Skrg udh kuliah, mesti lbh tanggung jawab. Fokus ke pelakaran dulu ketimbang cwe” dan uniknya, yang ngomong itu sendiri ialah cewek.

Kalau aku ditanya status, mungkin aku bisa jawab diantara “Unavailable” atau “BINUSIAN 2020”.

Kita mengakhiri hari dengan mengenal Mars BINUS dan Mars BINUSIAN. Kedua lagu awalnya susah untuk dinyanyikan, menurutku. Terus pake tangan di dada. Kerasa nyanyi mars sekolah SMA lagi.

But wait! New Quest: Yel Buddy dan Yel Kelompok

Kadang disinilah saya merasa sedih. Para BC memberitahukan bahwa kelompok kita harus menyediakan sebuah yel kreasi kelompok kita, dan berlatih untuk yel BINUSIAN 2020 untuk ditampilkan pada acara Kebersamaan pada tanggal 6 Agustus. Untuk saat ini baru bermunculan ide seperti memasukkan lagu Doraemon, Sambalado, Pokemon, dan Power Rangers. Cukup kombinasi yang unik dan kita belum tahu apa yang akan terjadi.

 

2 Agustus 2016

Hari kedua masih di Kampus Syahdan

 

Binusian Journey

The journey begins! Except not now.

Pada sesi ini aku mengira kita keliling-keliling soalnya namanya ya sendiri, Binusian Journey. Kita memulai hari dengan sebuah video tentang “Pekerja jenis apa yang dicari oleh perusahaan?

Jawabannya adalah satu huruf. Enthusiasm.

Pekerja tersebut harus memiliki enthusiasm untuk pekerjaannya. Misalkan. Seseorang melamar menjadi Storyboard Writer di suatu perusahaan yang namanya.. kita misalkan aja deh Eagle Jump. Hard skill? Ada. Soft skill? Ada. Tapi kalau dia pas bekerja tidak pernah serius, sama aja.

Seseorang yang mungkin masih muda, belum terlalu mengerti apa yang akan dikerjaan, jika antusias dalam pekerjaannya, maka ia akan mencari tahu cara kerja yang benar dan bisa berkembang dengan sendirinya.

Saya keingat istilah bahasa Jepang, ikigai, yang artinya ialah “alasan untuk hidup”. Sesuatu hal yang menjadi alasan kamu untuk bangun pagi. Mungkin untuk beberapa orang, mencari alasan untuk hidup itu susah dan prosesnya agak lama, tetapi nasihat yang saya bisa bagikan hanya sekedar “Enjoy the process in looking for your reason to live, because it is now your reason to live.

Setelah video tersebut, kami diperkenalkan dengan berbagai jenis UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Menurut para BC, UKM ialah semacam klub khusus (seperti ekskur di SMA) yang bisa diikuti oleh mahasiswa jika mereka mempunyai hobi atau peminatan kegiatan tersebut. Misalnya, Budi ingin main bola, maka ia bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti UKM Sepakbola.

UKM di BINUS bukan hanya sepak bola. Ada UKM Nippon Club, dimana para penggemar kultur Jepang bergabung, atau BGDC (Binus Game Dev Club), yang menurut BC dari jurusan Game App itu wajib, ialah UKM dimana mahasiswa yang berminat untuk belajar membuat game, atau main, terserah mereka.

Lambang-lambang UKM tersebut memenuhi slide-slide yang ditampilkan, sehingga BC harus memencet tombol enter hingga tiga kali supaya bisa melewatkan bagian tersebut.

Pada saat itu saya belum tertarik sama sekali dengan UKM apapun, karena masih berupa simbol-simbol yang belum bisa menjadi alasan UKM tersebut layak untuk diikuti. Namun, saya dapat beberapa perhatian dari para BC bahwa ada beberapa UKM yang menerapkan Marketing Strategy yang handal, alias kelihatannya dari luar itu bagus, tapi sebenarnya luar biasa saja.

Intro to HIMTI and HTTP!

Yap, kita selanjutnya kedatangan para aktifis dari HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) yang akan menjelaskan tentang acara yang akan mereka adakan, yaitu HTTP. HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia (nah ketahuan jiplak dari Wikipedia kan? kwkwkwkwk) Eh salah?

HTTP adalah singkatan dari HIMTI Togetherness and Top Performance, yaitu sebuah acara yang diadakan oleh HIMTI setiap tahun untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru, khususnya mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Benefit yang bisa didapatkan dari acara tersebut berupa poin SAT, HIMTI Kit (yang katanya berisi software yang akan berguna untuk kehidupan kuliah), HIMTI Shirt, Pengenalan Bahasa C, dan masih banyak lainnya. Saya langsung tertarik untuk ikut HTTP karena saya yakin saya akan membutuhkan HIMTI Kit dan ingin melihat showcase.

Quest Update: Yel Buddy dan Yel Kelompok

Nah teman kita, Edwin, sudah merancang yel yang diambil dari beberapa lagu yang kita tentukan kemarin, dan menurutku hasilnya memuaskan. Beberapa hal dari ide dia ada yang sedikit berantakan, jadi kita memutuskan untuk membahas lebih lanjut esok harinya.

 

3 Agustus 2016

Pindah kampus, sentuh komputer BINUS

“Welcome to BINUS Anggrek! Ini kampus pertama yang aku kunjungi saat aku masih SMA dan mau ikut tes beasiswa masuk BINUS.”

Orientasi BINUS Square – Part 1

Sebelum bertemu dengan para BC, beberapa mahasiswa yang akan tinggal di BINUS Square harus mengikuti Orientasi BINUS Square terlebih dahulu. Di saat inilah saya telat.

Untuk orientasi BINUS Square, para Boarder (itu panggilan kita untuk yang nginap di BINUS Square) dijelaskan beberapa tata tertib di BINUS Square, seperti menjaga ketertiban dan keamanan di daerah sekitar. Kita juga dijelaskan beberapa fasilitas di BINUS Square dan pasti tata cara untuk menggunakannya.

Binus Maya

Pada sesi ini kita diperkenalkan dengan BINUS Maya, sebuah situs yang menjadi media tambahan dalam proses belajar mengajar yang dapat diakses secara online. Untuk melihat situs BINUS Maya bisa kunjungi ini dan bukan ini.

Fitur-fitur BINUS Maya yang dijelaskan pada sesi tersebut ialah Dashboard, dimana mahasiswa bisa melihat statistik mereka pada saat mereka berkuliah di BINUS, seperti IPK, SAT, Hours of Community Service, ATK, DEF, SPD, LCK, dan status lain. Dashboard juga menyediakan notification bar jika mahasiswa tersebut mendapatkan Surat Peringatan, atau lupa membayar uang kuliah. Agenda pada Dashboard juga berguna jika ingin mengetahui jadwal pelajaran untuk hari ini dan kedepannya.

Para BC juga menjelaskan tentang Dreamspark, dimana mahasiswa dapat mengunduh software gratisan dari Microsoft yang akan berguna untuk perkuliahan nantinya. Nah kan lumayan dapat Windows 10 secara gratis.

Optional Quest: Perwajur (Perwakilan Jurusan)

BC menjelaskan tentang mencalonkan diri untuk menjadi perwajur, yang akan menjadi salah satu mahasiswa yang ingin eksis pada saat inagurasi, akan dipanggil namanya dan diberikan penghormatan untuk memasang jas almamater duluan dan bersalaman dengan para rektor BINUS University. Pada saat itu saya ingin mencalonkan diri karena seluruh mahasiswa BBN 07 bagaikan mengheningkan cipta selama sepuluh detik saja.

Quest Update 2: Yel Buddy dan Yel Kelompok

Lagu untuk yel-yel kelompok sudah dikompilasikan dan diremix. Ternyata untuk lagu Pokemon harus dikeluarkan karena tidak synchro dengan hasil remix.

New Quest: Video Kelompok

Lagi-lagi sebuah quest yang memerlukan kerjasama kelompok. Pasti lawannya bos besar

Pada quest kali ini, kita diharuskan untuk mempersiapkan satu video yang bertemakan budaya Indonesia. Kita boleh menampilkan beberapa contoh seperti makanan, permainan, seni, dan lain-lain. Peran saya pada video kelompok ini ialah menjadi salah satu orang yang sedang bermain petak umpet bersama dengan teman lainnya. Maunya main petak umpet yang asli, kejar-kejar sampai audit :v

4 Agustus 2016

Hore ketemu dosen!

Orientasi Binus Square – Part 2

Pada Orientasi Binus Square kali ini, kita akan berkenalan sesama boarder dan bermain games yang berhubungan dengan peraturan di BINUS Square. Kita disuruh untuk membentuk kelompok yang sesuai dengan kegemaran kami, yang pada saat itu saya memilih untuk memasuki kelompok Teknologi yang ternyata terdiri dari 50%+ mahasiswa yang mengikuti orientasi tersebut. Indeed, BINUS. Best college for Technology.

Dalam kelompok kegemaran Technology tersebut, kita akan berdiskusi untuk membuat suatu event yang akan diadakan khusus di Binus Square. Kebetulan banyak mahasiswa dari kelompok ini sesama gamer, dan kita memutuskan untuk mengadakan turnamen DoTA di Binus Square.

Pastinya untuk anak BINUS kalau ngomong tentang game pasti yang keluar DoTA. Hanya curhat dari penulis yang tidak main DoTA aja ini.

Sukses Kuliah & Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus

Buset nama sesi aja bisa panjang banget. Ceritanya pada sesi ini ada dosen yang akan menjelaskan tentang apa saja tata tertib di kampus dan menjadi orang yang sukses setelah keluar dari perkuliahan. Sesuai dengan nama sesi ini.

Menurut deskripsi BINUS Maya, mahasiswa akan diajak untuk membuat tujuan bagi diri sendiri, apa yang ia ingin capai selama berkuliah di BINUS sehingga pada akhirnya mampu menjadi mahasiswa yang sukses.

Pak dosen juga mengajarkan tentang SMART goals, sesuatu hal yang sebenarnya saya pernah dengar sebelum masuk BINUS, sayangnya jarang sekali saya praktekkan di kehidupanku sehari-hari.

Bunga Rampai

Kita kembali ke auditorium. Pada sesi ini, yang entah kenapa namanya Bunga Rampai, para aktivis dari setiap UKM di BINUS akan memamerkan kerjaan mereka sesuai dengan klub mereka masing-masing. Mulai dari yang saya minati, yang cukup ramai, yang terlalu ramai, yang wibuyang terdapat paling banyak teriakan dari cowo-cowo, sampai yang bikin para mahasiswa ingin ikut tapi dibatasi oleh masalah finansial. Hasilnya saya mendapatkan banyak sekali kertas yang saya tidak mau buang sembarangan, maka itu saya jadikan origami.

Sesi ini bisa dibilang sesi terpanjang dan teramai. Saya yakin semua calon anggota dari semua UKM telah memberikan yang terbaik untuk memperlihatkan persona UKM mereka. Good job!

 

5 Agustus 2016

TGIF One day left till EXPO

 

Binus Way

Para mahasiswa duduk di mesin waktu masing-masing dan menjelajahi sejarah terdirinya BINUS, prestasi yang diraih oleh BINUS sebagai satu organisasi, maupun yang dicapai oleh para mahasiswanya. BINUS Maya mengatakan bahwa mahasiswa diharapkan untuk bangga dengan BINUS dan memacu mereka untuk dapat memberikan prestasi terbaik selama berkuliah di BINUS University. Karena pada tahun 2020 (tahun yang harusnya kita lulus) adalah tahun yang diperkirakan BINUS untuk mencapai tingkat Global University! Kita lihat kedepannya. Apakah BINUS akan berhasil menjadi Global University yang bisa membanggakan Indonesia? Atau ternyata lebih dari itu dan bisa melampaui prestasi Cambridge? Kita lihat saja di… KICK ANDY

Perkuliahan, Ujian, Registrasi

Sesi ini membongkar habis informasi tentang pelaksanaan perkuliahan di BINUS, mulai dari fasilitas yang akan membantu mahasiswa dalam perjalanannya menuju Summa Cum Laude, serta kewajiban yang harus ditanggung oleh mahasiswa BINUS. Para BC hanya menceritakan pengalaman mereka saat mereka melakukan ujian. Aib-aib pun bocor. Ternyata ada BC yang pernah ketiduran saat ujian dan setelah itu saya tidak tau apa yang terjadi.

Kerohanian

Namo buddhaya! Pada sesi ini, kita akan dikelompokkan dan dipisahkan menurut Agama kita, dan jelas-jelas ini bukan membentuk kelompok tawuran antar agama. Itu namanya SARA.

Untuk mahasiswa yang beragama Buddha, berkumpul di auditorium dan mendapatkan pendinginan yang sangat.. dingin. Kita disambut hangat oleh para aktivis KMBD dan mengikuti ibadah yang jujurnya, saya belum pernah rasakan. Tradisi keluarga saya memang cukup berbeda dengan teman-teman sekalian, tapi saya masih bisa mengikuti ibadah tanpa ancaman teror dari ISIS.

Saya cukup tertarik untuk mengikuti event DV Run yang akan diadakan oleh KMBD karena saya ingin kurus, tapi sampai sekarang (yang lagi ketik blog) masih belum sempat mendaftarkan diri karena faktor malas sibuk.

New Quest: Surat untuk BC! Optional Action: Hadiah untuk BC!

Saat ini mungkin para BC butuh kehangatan makanya mereka meminta para Buddy untuk menulis surat kepada BC, yang berisikan kesan-kesan para Buddy pada saat mengikuti kegiatan FEP. Entah kenapa karena para BC memiliki ID Steam, saya kepikiran untuk memberikan setiap BC Voucher Steam + Mi Goreng Pedes karena ci Dewi suka.

Last Practice: Yel Buddy dan Yel Kelompok, dan Quest Progress: Video Kelompok!

Karena besok adalah showtime, maka hari ini kelompok kita akan latihan sampai malam. Mulai dari Yel Buddy, lagu Mars BINUS dan Mars BINUSIAN, dan Yel Kelompok yang udah solid lagunya dan gerakannya.

Malam ini juga video kelompok mulai direkam. Peran yang saya dapat ialah anak bocah yang main PB petak jongkok bersama teman-teman lainnya. Saya terus bermain sampai video pun telah selesai merekam dan saya masih main. Dasar MKKB

 

6 Agustus 2016

Back to Syahdan! Party hard and EXPO

Kebersamaan

Pertama-tama, kita disuruh untuk baris per batch, dan akhirnya kita menampilkan yel-yel kita. Terlihat beberapa dari teman kita yang kurang pede karena merasa kelompok lain lebih heboh, tetapi saya hanya bisa bilang ke mereka “Pedein ajah. Kita keliatan makin pede kelihatan juga kita lebih kompak.

Setelah kita tampil dengan yel-yel kita, jelas-jelas kita sekarang bisa lebih lega. Quest Clear!

Lalu, ada talent show bagi mahasiswa yang merasa bertalenta dan ingin menampilkan yang terbaik untuk para penonton sekalian. Ada beatbox, lagu, joget, udah kayak nonton Dahsyat aja.

Para BC juga punya yel-yel sendiri! Mereka menampilkan yel-yel BC yang kelihatannya agak kacau tapi wajar, mereka juga mengurus Buddy.

EXPO

Sesi terakhir dari General Orientation! Pada sesi ini kita akan dikelompokkan oleh para BC untuk berkeliling kampus Syahdan dan mengunjungi berbagai UKM yang masih saja memamerkan kerjaan mereka. Para mahasiswa juga bisa sekaligus daftar ke UKM peminatan mereka masing-masing.

Saya memilih untuk mendaftarkan diri masuk BGDC dan BNCC, tetapi karena seperti disebut diatas, saya malas, dan tidak sempat mendaftarkan diri untuk ikut HTTP dan mengunjungi stand lainnya yang menawarkan door prize. Saya malah bermain di ruang BGDC dan saat saya masuk pertama kali, terlihat sosok game kartu yang asing yang kelihatannya menarik, maka itu saya mencoba untuk memainkannya. Nama gamenya “for int?” dan game ini dibuat oleh salah satu anggota klub BGDC, sayangnya tidak dijual.

Quest Complete! Surat untuk BC.

Surat saya dibuat dengan kertas Origami, dilipat sedemikian sehingga membentuk kotak (yang entah saya lupa namanya) dan berisikan sebuah surat dengan Hidden Secret (itu lho yang kayak di Legend of Zelda) yang bertuliskan “Selamat anda masih kurang beruntung” tapi masih ada kode Voucher Steamnya. Bonus Mi Goreng cabe karena ci Dewi suka.

Demikianlah berakhirnya General Orientation! Setelah General Orientation, kita masih banyak kegiatan lagi sebelum resmi menjadi BINUSIAN 2020.

26 Agustus 2016 sampai 29 Agustus 2016

Pelatihan Inagurasi di Kampus yang kurang dikunjungi, dan melihat JCC secara lebih mendalam

Pada hari ini saya menuju kampus BINUS Kijang, yang cukup sepi karena jarang dikunjungi mahasiswa. Lapangannya besar, dengan hall yang berada di tengah kampus. Cukup unik, menurutku.

Kita mulai dengan stretching terlebih dahulu. Taulah, pasti biar kakinya ngga kram. Padahal gerakan kita menurut saya sedikit.

Setelah itu, kita diajarkan berbagai gerakan paskibra yang akan dilakukan saat kita berada di atas panggung JCC, tempat diadakannya inagurasi pada setiap tahun. Mengingat kembali saat-saat saya menjadi anggota paskibra SMA, lebih keras yang di SMA. Setiap kesalahan yang kita buat harus dibayar langsung dengan 10 kali push up.

Pada tanggal 29 Agustus, kita akan mengunjungi gedung JCC untuk melaksanakan gladi bersih. Jalan dari BINUS Kijang menuju JCC cukup dekat, namun lama karena macet.

Melihat gedung JCC saat sepi, kelihatannya megah. Seperti ditengah konser.

30 Agustus 2016

Hari Inagurasi. Perwajur, siap!

Inagurasi

Hari yang kita tunggu-tunggu, menjadi anggota BINUSIAN 2020. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center. Para perwajur untuk Shift 1 telah siap, dan penonton sudah menunggu acara mulai. Suasana menjadi serius setelah lampu-lampu bersinar mengenai kedua MC yang membimbing jalannya acara.

Para rektor mengucapkan beberapa kata di depan panggung, dan setelah pidato mereka selesai, para perwajur akan menaiki panggung dan menerima almamater dari para rektor dan memasangnya sebagai tanda penerimaan mahasiswa menjadi BINUSIAN 2020 secara resmi.

“Maka ini, kita telah resmi menjadi BINUSIAN 2020!” kata-kata terakhir yang keluar dari kedua MC membuat para mahasiswa bergirang karena mereka telah melewati sesi puncak menjadi anggota BINUS. Setelah akhir dari sesi formal, kita melanjutkan dengan sesi informal yang terdiri dari performance beberapa UKM seperti Stamanara, STManis, Paramabira, dan lain-lain.

Setelah akhir dari sesi 1, saya langsung menuju ke tempat perkumpulan perwajur dan UKM Fopasbin, dan memulai latihan terakhir untuk pelaksanaan Inagurasi sesi kedua.

Mulai sesi ke 2, MC pun berganti, dan anggota-anggota perwajur juga berganti. Termasuk saya yang bisa dibilang pemain cadangan tim sepakbola.

Saat nama saya dipanggil, saya tidak merasa tegang lagi. Semua latihan yang kita lakukan telah memberikan kepercayaan diri bahwa sesi ini akan lancar. Sayangnya saya sempat melakukan kesalahan yang kecil tetapi masih bisa dimaklumi oleh para anggota Fopasbin.

Dengan selesainya Inagurasi, kita resmi menjadi BINUSIAN 2020!

Post a Comment

Your email is never shared. Required fields are marked *

*
*